Adakan Rapat Kerja, Ikatan Masyarakat Gumay Prioritaskan Angkat Kesenian dan Budaya

PantauNusantara.com BOGOR – Pengurus Pusat Ikatan Masyarakat Keturunan Gumay (IMK Gumay) mengadakan rapat kerja di De ‘Dangau Hills Mega Mendung Bogor, Sabtu 20 Oktober 2018. Rapat kerja yang dihadiri oleh seluruh pengurus, Dewan Penasihat dan Dewan Pembina ini dibuka secara resmi oleh salah seorang Dewan Penasihat IMK Gumay, Dr Sjamsah Gumay SH MH.

Dalam sambutannya, Sjamsah sangat mengapresiasi semangat kekeluargaan yang ada pada pengurus IMK Gumay, dan berharap agar seluruh generasi keturunan Gumay tetap menjaga semangat tersebut, dan menghasilkan program-program yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat keturunan Gumay.

Selain itu, Salkoni Gumay SH MH GRC selaku Ketua Umum IMK Gumay berharap agar program-program kerja yang ada tidak hanya dibuat dan dituliskan di agenda, namun semua bidang yang ada dalam kepengurusan mempunyai komitmen untuk dapat merealisasikan program-program kerja yang telah direncanakan.

Rapat kerja yang dilaksanakan dari pagi hingga sore hari tersebut menghasilkan beberapa program kerja diantaranya yaitu melaksanakan event-event perlombaan di bidang seni yang mengangkat kesenian budaya Gumay, sehingga dapat terus melestarikan kebudayaan Gumay yang ada, dan tetap dikenal oleh generasi yang akan datang, terutama Gitar Tunggal yang merupakan kesenian khas warga Gumay. Program lainnya yaitu bersinergi dengan pihak Pemerintah Daerah Lahat untuk mempromosikan pariwisata yang ada di daerah Lahat umumnya, dan Gumay khususnya. Program lainnya yaitu membuat event perlombaan di bidang olahraga, seperti catur, badminton, dan futsal, agar dapat menjadi momen silaturahmi antara pengurus dengan anggota IMK Gumay, kemudian melakukan pemberdayaan ekonomi dan melaksanakan pelatihan ketenagakerjaan bagi generasi muda Gumay dengan memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh IMK Gumay.

Salah satu program yang menjadi prioritas kepengurusan IMK Gumay periode 2018-2023 ini yaitu melakukan kajian khusus untuk pelestarian sejarah dan peradaban dengan tim yang dimiliki oleh IMK Gumay, dengan harapan agar sejarah dan peradaban Gumay ini semakin dikenal di manca negara, bahkan dunia.***

Muhammad Fadhilah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *