Sidang Tipiring, Agen Miras Ogah Dipenjara Pilih Bayar Denda

PantauNusantara.com KOTA TANGERANG – Fauzi, agen minuman keras (Miras) di Jl Garuda No 19 RT 004 RW 02 Kelurahan Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang divonis bersalah oleh hakim Gatot Sarwadi dalam sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Tangerang, Selasa siang 23 Oktober 2018.

Oleh jaksa Airlangga, Fauzi didakwa melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kita Tangerang nomor 7 tahun 2005 tentang Pelarangan Peredaran Minuman Beralkohol.

Dalam persidangan itu, Fauzi mengakui bersalah menjual Miras tanpa ijin di Kota Tangerang. Ia terkena operasi tangkap tangan Tim Kalong Wewe Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Bidgakumda Satpol PP) Kita Tangerang di tokonya, Selasa pagi.

Dihadapan hakim, Fauzi tak bisa mengelak ketika Kepala Bidang (Kabid) Gakumda Satpol PP Kota Tangerang, Kaonang dihadirkan sebagai saksi menjelaskan bahwa dari toko Fauzi berhasil diamankan Miras berbagai merk sebanyak 59 botol.

“Kami melakukan penggerebekan terhadap agen Miras di wilayah Jurumudi. Sesungguhnya agen ini sudah beberapa kali kami grebek. Namun baru kali ini bisa dihadirkan ke persidangan,” jelas Kabid Gakumda, Kaonang dalam keterangannya di persidangan sebagai saksi.

Atas perbuatannya itu, Fauzi oleh hakim diganjar hukuman denda Rp500 ribu subsider hukuman penjara selama lima hari. Miras milik Fauzi dirampas untuk dimusnahkan.

“Saudara mau pilih mana, bayar denda Rp500 ribu atau dipenjara? Uang denda itu akan diserahkan kepada negara melalui jaksa,” ujar hakim Gatot Sarwadi.

Di persidangan Fauzi berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya. Ia lebih memilih bayar denda Rp500 ribu ketimbang dipenjara lima hari.

Sementara itu, seusai sidang Tipiring, Kaonang menjelaskan tiga agen Miras lainnya akan diajukan ke pengadilan untuk disidangkan pada Kamis esok.***

• Ateng Sanusih | Muhammad Fadhilah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *