Memacu Pariwisata untuk Tingkatkan Ekonomi

PantauNusantara.com KOTA TANGERANG – Pembangunan pariwisata budaya haruslah memperhatikan aspek peningkatan kehidupan komunitas setempat, baik secara ekonomi maupun sosial. Karena itu ke depan, pengelolaan objek-objek wisata dan pengembangan kebudayaan harus lebih diseriusi.

Penegasan itu dilontarkan pemerhati kebudayaan dan pariwisata, Hermawan Kosasih dalam perbincangan dengan PantauNusantara.com Minggu petang 28 Oktober 2018.

Dalam pandangan Hermawan Kosasih, penataan dan pemeliharaan objek-objek wisata di Kota Tangerang perlu ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Prinsip pengelolaan yang lebih professional pada semua daya tarik wisata serta pelibatan masyarakat dalam melestarikan budaya, merupakan tuntutan yang tak bisa dipandang sebelah mata.

“Dengan mengembangkan berbagai strategi tersebut maka Kota Tangerang sebagai destinasi pariwisata akan menjadi lebih memesona dan menggairahkan,” ungkap Hermawan Kosasih.

Ia optimis lima tahun mendatang pariwisata Kota Tangerang akan mengalami peningkatan pesat, lebih banyak lagi dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pariwisata Kota Tangerang akan menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, gerbang Indonesia Bandara Soekarno Hatta menjadi keunggulan Kota Tangerang dalam menggaet wisatawan. Kemudahan akses dan jarak tempuh yang dekat ini akan menjadi daya pikat wisatawan domestik maupun internasional untuk singgah ke Kota Tangerang.

“Banyaknya hotel yang sudah berdiri maupun yang masih dalam taraf pembangunan menandakan bahwa Pemkot Tangerang sangat terbuka terhadap para investor di bidang pariwisata,” ungkap Hermawan Kosasih.

Pengembangan Kebudayaan

Untuk memacu laju kunjungan wisatawan, penampilan atau pergelaran kebudayaan menjadi bagian yang dapat memikat para turis untuk berkunjung ke Kota Tangerang. Namun hal ini nampaknya sampai kini masih hanya sebatas wacana. Sanggar untuk meningkatkan seni budaya di Kota Tangerang masih minim.

“Sanggar seni budaya di Kota Tangerang harus bangkit untuk menggiatkan pariwisata melalui seni dan budaya,” ujar Hermawan Kosasih.

Ia mengapresiasi Festival Cisadane yang lebih menampilkan atraksi budaya. Menurutnya ini menjadi magnet kuat untuk menarik wisatawan datang dan menikmati Kota Tangerang dengan beragam budaya dan kuliner khas lokal.

Ia mengapresiasi pula pembangunan taman di sudut-sudut kota yang kini menjadi warna-warni pesona Kota Tangerang.***


• Muhammad Fadhilah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *