Tanamkan Semangat Nasionalisme di Jiwa Pemuda

PantauNusantara.com KOTA TANGERANG – Sumpah Pemuda, satu tonggak sejarah penting bagi bangsa Indonesia. Ada tiga butir penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Tiga hal ini faktor penting mempersatukan bangsa Indonesia.

Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan bersamasama.

Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak hal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir tidak akan bisa membuat Indonesia merdeka jika berjuang di kelompok sendiri.

Mereka sadar, memperjuangkan kemerdekaan Indonesia harus dipadukan dengan rasa nasionalisme. Karena itu, diadakanlah Kongres Pemuda I dan II. Mereka menjadi satu, menjadi “Pemuda Indonesia”.

Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi nusa dan bangsa.

“Pemuda adalah generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan estafet kepemimpin selanjutnya. Pemuda harapan bangsa, ujung tombak pembangunan Bangsa. Pemuda harus mempunyai rasa dan semangat nasionalisme yang tinggi sehingga cinta tanah air dan bangsa tak luntur oleh hedonisme,” jelas tokoh pemuda Cipondoh yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang, Turidi Susanto kepada PantauNusantara.com Minggu 28 Oktober 2018.

Menyinggung mengenai sering terjadinya tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkotika di kalangan generasi muda, untuk meminimalisir hal itu menurut Turidi perlu adanya pembinaan pemuda dan pelajar yang lebih masif.

“Narkoba dan tawuran harus dicegah agar tidak merusak generasi bangsa. Ini kewajiban semua masyarakat agar generasi pemuda punya benteng moral yang kokoh dari gempuran pengaruh budaya asing. Kita harus terus tanamkan rasa dan semangat nasionalisme, lebih mengedepankan kepentingan umum dibandingkan Kepentingan pribadi dan golongan. Rasa Bhineka Tunggal Ika tak boleh lekang maupun luntur di dalam dada bangsa Indonesia,” tegas Turidi Susanto yang juga pengurus KAHMI Kota Tangerang.

Dalam kesempatan peringatan Sumpah Pemuda ini Turidi mengajak kaum pemuda untuk menggerakkan seluruh kemampuan guna bekerja membangun negeri dan bangsa.

“Lakukan hal positif sekecil apapun untuk membangun lingkungan bangsa dan negara,” lantangnya.***


• Muhammad Fadhilah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *