Masyarakat Tangerang Utara Apresiasi Bupati Tingkatkan Ketahanan Pangan

PantauNusantara.com KABUPATEN TANGERANG – Aktivis Tangerang Utara yang juga Direktur Eksekutif Komunike Tangerang Utara, Budi usman mengapresiasi langkah Bupati Tangerang yang peduli petani. Menurutnya masalah peningkatan produksi pertanian di Tangerang Utara bukan lagi hal yang mudah. Kini luas lahan produktif di Tangerang Utara terbatas akibat pesatnya alih fungsi lahan.

“Wilayah Tangerang Utara dulunya lahan pertanian kini telah banyak berubah menjadi lahan permukiman, pergudangan, industri dan komersil lainnya. Untuk itu dicarikan terobosan-terobosan baru agar pertanian di Tangerang Utara masih dapat diupayakan dan dapat menjadi sarana pengentasan kemiskinan serta sumber pendapatan tambahan keluarga,” ungkap Budi Usman.

Pertanian di Tangerang Utara, kata Budi Usman harus dapat berinovasi dan berkreasi menciptakan pola pertanian perkotaan, yaitu memanfaatkan lahan-lahan sempit yang ada di pekarangan rumah atau lahan-lahan kosong belum terbangun guna menunjang perekonomian keluarga,” kata Budi Usman

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat panen buah melon dan jagung di Rawa Lini Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Rabu 23 Januari 2019 mengungkapkan ketahanan pangan tak hanya sebatas sawah dan padi. Saat ini, sayur mayur, buah-buahan serta produk holtikultura lainnya menjadi varietas unggulan.

Kata Bupati Zaki, wilayah Utara Kabupaten Tangerang merupakan kawasan pesisir yang berpotensi di bidang pertanian holtikultura.

“Ketahanan pangan merupakan fokus RPJMD Kabupaten Tangerang dan akan kita galakkan di 2019 ini,” jelas Ahmed Zaki Iskandar.

Adanya holtikultura di Teluknaga ini, papar Zaki, dapat membantu kebutuhan warga di Kabupaten Tangerang yang setiap tahun terus meningkat populasinya.

Ketahanan pangan ini juga dapat mengurangi angka pengangguran. Karena holtikultura ini bakal dikelola kaum muda untuk turun langsung dan bercocok tanam hingga lebih produksif.

“Mudah mudahan penen kita di hari ini dapat menjadi inspirasi buat anak muda lainnya agar semangat berkebun dan bercocok tanam di wilayahnya masing masing. Ayoo berkebun,” tegas Zaki seraya memberikan semangat kepada generasi muda.***
Yahya Suhada | Ida Rosidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *