Pencopot Papan Segel Satpol PP Akan Dipidanakan

PantauNusantara.com KOTA TANGERANG – Tim Paku memasang kembali papan segel bangunan yang dicopot paksa oleh orang tak dikenal, Jumat 10 Mei 2019. Papan segel milik Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang ditemukan di tumpukan tanah merah di wilayah RW 15, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kamis (9/5/2019). Papan segel diduga dirusak dan dibuang oleh pemilik bangunan.

Pada Rabu 8 Mei 2019 Tim Gakumda Satpol PP Kota Tangerang melakukan penindakan terhadap beberapa bangunan di wilayah Kelurahan Tanah Tinggi dengan melakukan penyegelan. Namun, pada Kamis (9/5) siang dikabarkan ada papan segel yang rusak diduga dibuang oleh pemilik bangunan.

“Hari ini Jumat (10/5) kami pasang kembali segel tersebut. Kami datangi lagi Tim Paku Bumi didampingi dari unsur kepolisian. Kami segel kembali sambil menghentikan aktivitas konstruksinya dan menyampaikan kepada pemilik bila dengan sengaja segel dirusak akan bisa dipidanakan,” jelas Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Kabid Gakumda Satpol PP) Kota Tangerang, Kaonang SSos MM, Jumat petang 10 Mei 2019.

Ditegaskan Kaonang, pihaknya berencana mempolisikan oknum yang telah merusak dan membuang papan segel itu. Menurutnya, merusak segel merupakan pelanggaran KUHP pasal 232 dengan hukuman penjara 2 Tahun 8 bulan penjara.

“Ini perbuatan tidak menyenangkan. Apabila segel pada bangunan tersebut hilang dan rusak karena kesengajaan, saya tidak segan-segan untuk membawa masalah ini ke ranah hukum,” tegasnya.

Dijelaskan Kaonang, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan hal yang wajib diurus oleh masyarakat yang hendak membangun.

“Saya juga berharap kerjasama pejabat wilayah untuk terus mensosialisasikan Perda yang ada dan mengarahkan warganya agar taat pada aturan,” harapnya.***
• Ateng San | Yahya Suhada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *