Umat Hindu Lombok Barat Mewujudkan Kebersamaan Dalam Kebhinekaan

Rombongan Dusun Gandari Kec. Narmada Kab. Lombok Barat NTB

Pantaunusantara.com LOMBOK BARAT – Pengaplikasian Pancasila sebagai dasar negara kita coba diwujudkan oleh warga di Narmada Kabupaten Lombok Barat. Terbukti ketika pawai takbir yang di laksanakan malam Idul Fitri 1440 Hijriah.

Gema takbir, tahmid, dan tahlil dikumandangkan pada malam itu. Ribuan umat Muslim Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (4/6) malam, tumpah ruah mengikuti Pawai Takbiran. Menariknya, Pawai Takbiran di kecamatan dengan julukan “Kota Air” ini tidak hanya diikuti warga Muslim, warga Dusun Gandari yang didominasi umat Hindu pun tak mau ketinggalan ikut Pawai Takbiran.

Yang beda pada malam itu adalah ada satu rombongan yang menggunakan pakaian adat bali berjumlah sekitar 90 orang dan 10 orang menggunakan pakaian muslim ikut berpartisipasi. Mereka adalah perwakilan umat hindu dan islam dari Dusun Gandari, Desa Narmada Kabupaten Lombok Barat 

Ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa karena bisa ikut serta berpartisipasi memeriahkan acara Takbiran. “Ini juga baru pertama kali untuk warga dusun Gandari ikut, jadi semua anak dan remaja bahkan ibu-ibu pun ada yang berpartisipasi untuk ikut,” menurut
I Ketut Suweca salah satu Tokoh umat Hindu setempat

I Ketut Suweca mengaku partisipasi umat Hindu dalam acara ini disambut baik panitia. Dirinya  bahkan diberikan barisan depan iring-iringan pawai. “Saya sangat senang, pertama datang kami langsung disambut baik banget sama panitia. Bahkan langsung diarahkan untuk baris di urutan kedua,” ujarnya.

I Ketut Suweca menjelaskan, selain untuk menunjukkan toleransi antarumat beragama, dirinya bersama warga dan tokoh masyarakat sengaja ambil bagian dalam kegiatan ini sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan Desa Narmada menjadi Desa Wisata yang bertemakan toleransi. 

Apa yang kami lakukan bukan karena dipaksa atau keterpaksaan, melainkan bentuk dukungan kepada umat Muslim yang sedang merayakan kemenangan menyambut Idul Fitri. tandasnya.

Ia juga mengharap Dusun Gandari Lombok Barat bisa menjadi contoh kerukunan antarumat beragama untuk menciptakan kedamaian. “Kami berharap bisa tetap ikut memeriahkan acara takbiran di setiap tahunnya, dan selalu saling menghormati satu sama lain,” harapnya

  • Nang Noise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *