Jawara Tinju se-Banten Bakal Adu Jotos di Festival Cisadane 2019

PantauNusantara.com TANGERANG – Perhelatan Festival Cisadane tahun 2019 ini bakal semakin seru dan meriah. Pasalnya agenda tahunan Kota Tangerang ini akan diramaikan pula dengan kejuaraan daerah (Kejurda) tinju amatir Provinsi Banten piala Walikota. Dijadwalkan, pembukaan Kejurda ini dilakukan bersamaan dengan pelantikan Pengcab Pertina Kota Tangerang yakni Jum’at malam 27 Juli 2019.

“Bertepatan, Pencab Pertina Kota Tangerang mendapat jadwal dari Pertina Banten untuk menggelar Kejurda tinju amatir 2019. Waktunya pun bersaman dengan penyelenggaraan Festival Cisadane. Atas petunjuk bapak Walikota — Arief R Wismansyah — maka Kejurda tinju digelar di arena Festival Cisadane,” jelas Ketua Pengurus Cabang Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pengcab Pertina) Kota Tangerang, Kaonang SSos MM, kemarin.

Dalam Kejurda ini, sedikitnya 80 orang jawara jotos seprovinsi Banten bakal adu kehebatan mereka di atas ring. Sebagai tuan rumah, Kota Tangerang, akan menurunkan petinju andal sedikitnya 20 atlet junior dan senior.

“Target kami sebagai tuan rumah adalah juara umum. Kepengurusan Pencab Pertina yang sekarang sesungguhnya belum seumur jagung, namun sudah disodorkan untuk menyelenggarakan Kejurda Tinju Provinsi Banten 2019. Kami siap menggelar Kejurda. Kami bekerja maksimal, saat ini persiapan untuk Kejurda telah mencapai 75 persen,” papar Ketua Pencab Pertina Kota Tangerang, Kaonang.

Penyelenggaraan Kejurda tinju Banten piala Walikota ini, tambah Kaonang bakal menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Tangerang. Ada tujuh daerah di Banten yang akan mengirim atlet dan official ke Kejuarda. Kehadiran para atlet kontingen dari tujuh daerah se-Banten ini pasti akan ada yang bermalam di sejumlah hotel di Kota Tangerang.

Mantan petinju nasional dari Kota Tangerang, Otong Kosasih menambahkan melalui perhelatan Kejurda yang digelar di arena Festival Cisadane diharapkan dapat menumbuhkan minat para remaja usia sekolah untuk menjadi atlet tinju. Bagi anak usia SMP/SMA, sambung Otong Kosasih, berlatih tinju di sasana merupakan penyaluran untuk menunjukkan eksistensi diri kaum remaja.

“Tawuran di jalanan itu sangat tidak bagus, salurkan lah kehebatan diri itu dengan menjadi atlet tinju. Menang dalam pertandingan tinju, pasti dapat hadiah,” ujar Otong Kosasih.

Tak hanya itu, terang Otong Kosasih penyelenggaraan Kejurda tinju amatir seprovinsi Banten piala walikota ini otomatis akan mendongkrak tingkat kunjungan wisata ke Kota Tangerang. Ini akan berdampak positif terhadap geliat ekonomi masyarakat Kota Tangerang.

Sementara itu Kepala Seksi Promosi Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pertamanan Kota Tangerang, Usup Supriadi menerangkan, lomba dayung di Festival Cisadane sudah menjadi agenda tetap. Lomba dayung ini banyak diminati masyarakat untuk menyaksikan karena pesertanya para atlet dayung kaliber juara.

Dikatakan Usuf, Pertina Kota Tangerang pada tahun ini bakal menjadi magnet menarik masyarakat untuk datang ke Festival Cisadane. Pertina Kota Tangerang bersinergi dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pertamanan di Festival Cisadane.

Dalam pembukaan Kejurda nanti akan disuguhkan tarian khas Kota Tangerang dan penampilan para Nong. Ini suatu sinergitas yang cantik dalam kemasan Festival Cisadane.***

Ateng Sanusih | Yahya Suhada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *